Minggu, 31 Januari 2021

RUTINAN BEKAM PAC JRA BAYAN, DI BEKALI PRAKTIK LANGSUNG

PURWOREJO
jrajateng.com - Kegiatan pengobatan ala sunnah Nabi Muhammad SAW yaitu pengobatan alternatif Bekam, rutinan Pengurus Anak Cabang JRA (Jam'iyyah Ruqyah Aswaja) Bayan, melakukan rutinitas yang berlangsung pada jum'at (29/01/2021). Kegiatan berlangsung di Pondok Pesantren Asy-Syifa didesa Besole, Kecamatan Bayan. 

Perlu diketahui Hadits Nabi SAW 

سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ 

Dari Anas bin Malik r.a,(ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa Sesungguhnya Rasululloh ber-bekam/hijamah dan memerintahkan keluarga beliau dan Rasululloh bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah. Hadis dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian(Shahih Muslim 1577). 

عَنْ أَبِي رَجَاءٍ، عَنْ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”أَفْضَلُ مَا تَدَاوَى بِهِ النَّاسُ الْحِجَامَةُ”. المعجم الكبير الطبراني 

Dari Abi Roja’, dari Samuroh r.a. berkata : bahwa Sesungguhnya Rasululloh bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang manusia lakukan adalah dengan Hijamah. (Mu’jam Kabir – At Thabrani) 

Aji selaku pembekam mengatakan " kegiatan ini baru berjalan dua pertemuan, dan yang mana kegiatan ini untuk berbagai ilmu tentang sunnah bekam. Dan mempraktekan langsung pengobatan alternatif". 

" Pembekalan ilmu sunnah tidak hanya berkam saja, ada pembekalan praktik Bekam, Totok, Gurah kalau kita sebut (bektogur) yang terus di praktikan untuk megikuti Sunnah ala Nabi Muhammad SAW ". Ujar aji 

Tanggal sudah bekam bertepatan pada 17, 19, 21 Hijriyah. Metode pengobatan alternatif di tanggal tersebut masih banyak di lapisan masyarakat yang belum banyak yang tahu. Guna mewujudkan hal tersebut para paktisi bektogur sering membuka jam praktiknya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: